Isi Blog

Saturday, October 12, 2013

Play Time!: Tactical RPG

Halo para pembaca, akhirnya aku ada waktu untuk membuat postingan, untuk para penggemar posting Aku dan Badanku harap bersabar ya, aku mau membuat posting tentang game dulu. Postingan ini berawal ketika aku menamatkan Front Mission 3 untuk ketiga kalinya, aku jadi ingin membahas tentang genre ini.


Tactical RPG adalah salah satu genre yang booming di PS 1, banyak game bagus yang mengusung genre ini, tapi sebelum membahas lebih jauh, ada dari kalian yang entah karena apa tidak tahu genre game ini? Nggak masalah, akan aku berikan sedikit penjelasan mengenai genre game ini. Kalian tahu permainan catur? Nah genre game ini hampir sama seperti itu, kita sama-sama menjalankan karakter di atas sebuah "medan perang" seperti papan catur, setiap karakter mempunyai jangkauan yang berbeda, kemampuan setiap karakter pun berbeda, ini serunya, setiap gamer dapat mengembangkan strategi untuk dapat memenangkan sebuah stage. 

Gameplay utamanya memang seperti itu, tetapi setiap game punya cara bermain yang berbeda-beda, hal ini membuat setiap game punya ciri khas. Beberapa game yang telah aku coba dan menurutku menarik adalah:
1. Front mission 3 (karena aku belum pernah mencoba Front Mission 1, 2 dan Alternative)
2. Vanguard Bandit
3. Final Fantasy Tactics
4. Tactic Ogre
5. Super Robot Wars Alpha Gaiden (buat penggemar mecha kalian harus coba)

Review tentang game-game tadi akan aku tulis di postingan berikutnya. Bukan berarti game-game yang judulnya belum aku masukkan tidak menarik, tetapi karena memang aku belum main, dan belum tau garis besar ceritanya.

Kelebihan dari genre ini adalah kita tidak perlu memiliki refleks cepat untuk bisa memainkan game ini, kita bisa sambil makan, minum, cuci piring, masak, bantu ibu, ngepel rumah, beli minyak, jualan, dan lain sebagainya, misalnya kamu capek nggak menang-menang ditinggal tidur juga bisa, karaktermu tidak akan melakukan hal-hal konyol yang bisa membuatmu kalah. Kekurangannya mungkin kelebihannya itu, game ini kurang menyuguhkan aksi, bagi beberapa orang mungkin game ini benar-benar akan membuat mereka tertidur :D

Enjoy Game Responsibly

No comments:

Post a Comment