Isi Blog

Wednesday, January 29, 2014

Science Time!: Ayo Belajar Menulis Resep (Ovulae)

Baik, mari kita lanjut ke pembuatan resep yang ketiga, yaitu ovulae (supositor vagina), betul sob, obat ini dimasukkan lewat vagina. Bentuknya runcing di salah satu sisi dan tumpul di sisi satunya, cara menggunakannya pun tidak sembarangan, ujung yg menghadap ke sisi uterus adalah yang tumpul, hal ini dimaksudkan supaya ovulae tidak gampang keluar. Lalu bagaimana peresepannya? Mari kita cari tahu :D


Obat yang akan kita resepkan kali ini adalah Flagystatin vaginal suppositor, 1 ovulae berisi 500 mg metronidazole, dipakai sekali sehari, diresepkan untuk bu Wati  umur 28 tahun dan sudah menikah. Bagaimanakah penulisan resepnya? Mari kita lihat

Resepnya Sob
Pada signatura tertulis S 1 d.d ovulae 1 intra vag h.d (signa 1 de die ovulae 1 intra vagina hora decubitus), maksudnya adalah "tolong tandai untuk 1 kali sehari 1 ovulae intra vagina digunakan sebelum tidur". Kenapa sebelum tidur? Karena saya berasumsi bila pada saat tidur, pasien tidak banyak bergerak, sehingga risiko ovulae keluar kembali lebih kecil, kecuali karena satu dan lain hal pasien banyak "bergerak" dalam "tidurnya" ya saya nggak tahu :D.

Ingat ya sob, ovulae dan "barang-barang" yang masuk vagina ini cuma boleh diresepkan pada pasien yang sudah menikah atau diketahui aktif secara seksual, jangan yang masih perawan dikasih yang beginian, apalagi pada signatura ditulis S in. m.m (signa in manum medici) atau "serahkan pada dokter" lalu yang masukin ovulaenya si dokter "nakal" sendiri, ini sih namanya cari-cari kesempatan :D.

Sekian resep kali ini, silahkan dibaca, atau bila ada koreksi, silahkan tulis di tempat komentar, toh kita sama-sama sedang belajar, terima kasih sudah mampir, semoga bermanfaat.

SEMANGAT SOB!

INDEX
intra vag: intra vagina (dalam vagina)

No comments:

Post a Comment