Isi Blog

Monday, January 27, 2014

Science Time!: Ayo Belajar Menulis Resep (Tablet Effervescent)

Mari kita lanjutkan postingan penulisan resep ya teman-teman, kali ini kita akan membicarakan mengenai tablet effervescent. Bentuk sediaan ini merupakan tablet yang penyajiaannya dimasukkan ke dalam air, tablet kemudian akan melarut dan, voila, obat siap untuk dikonsumsi. Obat yang kita resepkan kali ini adalah vitamin C untuk dek Sugeng umur 12 tahun.

Kita pilih obatnya, yaitu Vitamin C Redoxon tablet effervescent, isinya vitamin C 1000 mg, padahal kan dosis lazim vitamin C untuk anak adalah 30-40 mg sehari, apa nggak kebanyakan tuh? Tenang sob, walaupun dosisnya tinggi, vitamin C nggak punya dosis maksimal, dan ekskresinya juga lewat urine, sehingga obat ini cukup aman untuk dikonsumsi.

PROFIL OBAT (bukan buat promosi, cuma emang kebetulan pakai obat ini)
Isi Obat: vitamin C 1000 mg
Kemasan: tube isi 10 tablet effervescent
Rencana Pemberian: S 1 d.d tab 1 dalam 200 cc air selama 10 hari
DL Sehari: 30 mg - 40 mg
DM: -/-
DT: 1 tablet
DT selama 10 hari: 10 tablet

Mari kita buat resepnya! Yeay!
Resep Tablet Effervescent
Aturan mainnya begini, di praescriptio kita jangan lupa menuliskan kalau yang mau kita resepkan adalah tablet effervescent. Di signatura kita tuliskan kalau penggunaannya harus dilarutkan dalam 200 ml air, jangan main telen aja, karena itu kita tuliskan S 1 d.d tab I c. aqua 200 ml (signa 1 de die tablet 1 cum aqua 200 ml) maksudnya "tolong tandai 1 kali sehari 1 tablet dengan 200 ml air" gampang kan?

Sekian dulu tips menulis resep kali ini, sekali lagi terima kasih sudah datang, selamat membaca, dan semoga berguna :D

SEMANGAT BRO/SIS!

INDEX
c. aqua: cum aqua (dengan air)

1 comment:

  1. izin bertanya kak, tau dari mana berapa mili air yang dibutuhkan, terma kasih

    ReplyDelete