Isi Blog

Sunday, January 19, 2014

Play Time!: Membeli Game Original

Well, setelah mata, hati, dan pikiran kita terbuka, sekarang bersiap-siap untuk membeli game original. Sebenarnya banyak sekali penyedia game original di internet atau di dunia nyata, tapi bukan lapak-lapak sembarangan di mall ya, itu sih sama saja dengan bajakan. Distributor yang menyediakan banyak kemudahan dalam melakukan transaksi adalah Steam, jadi saya sarankan untuk beli dari sini, sebenarnya ada lagi yang distributor yang bagus, yaitu Desura, tapi transaksinya ribet, jadi kita bahas lain kali.
Ada beberapa cara untuk membeli game di Steam, saya nggak akan membahas tentang memakai Paypal dan credit card karena selain cara tersebut sudah mainstream, cara itu saya anggap ribet. Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan kalau tidak mau ribet:

1. Cari Seller yang bisa dipercaya di Kaskus
Selain dapat game, kita bisa tambah jaringan pertemanan dan sharing rejeki ke rekan seller yang membutuhkan. Tapi kita harus hati-hati, bukannya mau menjelek-jelekkan rekan seller di Kaskus, tetapi ada beberapa oknum yang mau mengambil uang kita dengan cara yang nggak asik, perhatikan reputasinya, perhatikan testimoni orang-orang yang pernah beli dari dia, kalau bisa cari yang satu kota, dan jangan lupa, pakai Rekening Bersama (RekBer). Saya belum pernah pakai sih, tapi dari yang saya baca, mekanismenya seperti ini, seller dan buyer bersama-sama membuka rekening (1 rekening, tapi yang buka 2 nama), buyer setor uang ke rekening, dia konfirmasi ke seller kalau sudah kirim uang, tapi seller tidak bisa langsung menarik uang dari rekening bila buyer tidak konfirmasi ke bank untuk pencairan rekening. Si seller harus konfirmasi kalau barang sudah dikirim, baru buyer konfirmasi ke bank supaya seller bisa mencairkan uang dari rekening. Sebaiknya jangan percaya pada seller yang tidak mau memakai RekBer

2. Memakai VCN BNI
Untuk kenyamanan bertransaksi secara online, bank BNI sudah meluncurkan produk bernama Virtual Credit Card Number (VCN), lumayan asik nih, garis besar mekanismenya adalah:
- Kita buka tabungan di BNI
- Aktifkan BNI mobile banking
- Kita kirim permintaan ke admin BNI untuk bikin VCN
- Admin bakal kirim ke kita nomer VCN, dari yang saya baca, nomer VCN ini hanya valid untuk 1 jam dan 1 transaksi
Untuk lebih jelasnya silahkan kunjungi website BNI 
Kerugiannya, saya sebagai salah satu nasabah BNI mengeluhkan kalau biaya administrasi per bulannya terlalu tinggi, kalau nggak salah 10 ribu rupiah, kalau nggak mau tabungan anda tergerus, tabungan anda harus mencapai angka tertentu, untuk hal ini silahkan tanya ke customer service BNI ya :D

3. Memakai UniPin atau MOL Point
Ini yang paling menarik, UniPin bisa dibeli di Indomaret, sedangkan MOL Point bisa dibeli di Alfamart. Untuk membeli Steam Wallet, harga kedua produk ini kurang lebih sama setelah saya hitung-hitung, tapi MOL Point dapat digunakan untuk membeli gamenya langsung, sehingga produk ini sedikit lebih unggul. Mekanisme kerjanya kurang lebih sama:
- Buat akun MOL Point atau UniPin
- Beli MOL Point di Alfamart
    11 ribu: 100 MOL point
    22 ribu: 200 MOL point
    55 ribu: 500 MOL Point
    110 ribu: 1000 MOL Point
    220 ribu: 2000 MOL Point
- Kalian akan diberikan struk yang isinya nomer serial voucher dan PIN MOL point, jadi jangan buang struknya, bila kalian secara refleks membuang struknya, luangkan waktu untuk mengorek tempat sampah, karena kedua nomer itu kalian butuhkan untuk "menyuntikkan" sejumlah uang ke akun MOL Point kalian
- Buka akun MOL Point kalian dan pilih reload
- Masukkan nomer serial voucher dan PIN
- Tunggu beberapa saat dan "dompet" virtual anda sudah terisi
- Untuk membeli game di Steam, lakukan saja transaksi dan pilih cara membayar dengan MOL point
- Ikuti saja perintah-perintah berikutnya, dan voila, game yang anda inginkan sudah terbeli
Bila terjadi masalah dalam transaksi, anda bisa kirim email keluhan ke: helpdesk@mol.com
Atau anda bisa membuka halaman chatting MOL Live Support di websitenya, jangan pernah membuka grup FBnya, karena selain tidak berguna, banyak penipu yang berlagak ingin membantu, tapi malah mencuri akun anda. Menurut saya sih, ini cara yang paling asik, belinya gampang bro. Kendalanya, terkadang ada beberapa kasir yang nggak tahu cara menjual MOL Point, mohon jangan emosi dengan kasir yang seperti itu, mereka hanya tidak tahu.

Sekian tips-tips yang saya tahu, mungkin para pembaca ada yang lebih tahu tentang cara membeli game yang lebih gampang, silahkan share disini. Yang penting sekarang nggak ada alasan lebih memilih game bajakan karena kesulitan transaksi, begitu kan para pembaca? 

Salam Gamer, Mantap!

6 comments:

  1. kalau . Memakai VCN BNI bisa beli gams di coc ?
    emang bisa atau ngak bisa?
    blz ya.

    ReplyDelete
  2. kalau blh balas di email saya ya mas.
    email saya : wilsonlisan100612062b2@gmai.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, maaf-maaf, saya belum sempet update blog, ok, akan segera saya balas

      Delete
    2. saya sudah coba beli gems coc dgn vcn tetap tidak bisa master card not valid ktnya mohon pencerahanya

      Delete
    3. Ternyata nggak bisa ya? saya nggak punya pengalaman membeli dengan menggunakan VCN.
      Coba kunjungi https://www.facebook.com/groups/komunitatgamerindonesia/
      mungkin teman-teman di sana bisa membantu
      terima kasih sudah berkunjung :D

      Delete
    4. Amazing! http://clanshelper.com/ - I got free CoC gems here! Get yous too in less than two minutes!! Top players use this to get CoC gems!!(D66vp6PoOQ)

      Delete