Isi Blog

Saturday, January 18, 2014

Play Time!: Game Original atau Bajakan ya?

Pertanyaan yang saya jadikan judul di atas sering muncul dalam benak saya, di satu sisi kita ingin memainkan game yang grafiknya bagus, gameplaynya ciamik, dan ceritanya ok punya, tapi di satu sisi, kita sedapat mungkin ingin menghemat uang karena kebutuhan yang lebih penting saja belum terpenuhi, apalagi membeli game, disaat seperti itu, game bajakan kemudian menjadi solusi yang menggiurkan.
Tapi pernahkah teman-teman semua merasa tidak "sreg" waktu memainkan game bajakan? Kita memainkan game untuk bersenang-senang, tetapi di lain tempat, pengembang game dirugikan karena omsetnya berkurang akibat pembajakan. Mungkin kita melakukan pembelaan dengan mengatakan "untung para pembuat game sudah sangat besar, ngebajak satu juga g keitung" sayangnya yang berpikiran seperti ini tidak hanya kita. Banyak pengembang game yang masih merintis usahanya dalam dunia game, bagaimana bila ternyata yang kita bajak adalah orang-orang ini? Mereka membuat game yang agak bagus, eh, sudah dibajak, akhirnya keuntungan mereka tidak bisa menutup biaya produksi, dan mereka harus tutup usaha, hilang sudah satu tunas pengembang game yang potensial.

Jika hal ini dirasa berlebihan dan jauh dari kenyataan, maka saya akan paparkan tentang salah satu kerugian game bajakan yang sudah saya alami sendiri. Untuk dapat menggunakan game bajakan, kita membutuhkan crack kan? Bagi yang belum tahu, crack adalah program aplikasi yang sudah mengalami modifikasi, biasanya sistem proteksi yang membuat kita harus memasukkan kode tertentu untuk memainkan sebuah game (CD Key) dihilangkan. Celakanya crack yang saya download ternyata berisi virus, dan menyebabkan laptop saya harus diinstal ulang, what the fun. Selain virus, crack dapat berisi malware yang menyebabkan PC anda bekerja tidak optimal, males banget nggak sih? Maunya seneng-seneng, eh malah PC kebanggaan kita yang jadi korban. Untung laptop saya "hanya" diinstal ulang, bagaimana jika ternyata mengalami kerusakan hardware, bisa nangis darah saya.

Game Ori atau Bajakan ya?:

Poster di atas dapat menjelaskan apa kerugian dan keuntungan bermain game original. Mungkin masih banyak yang mengira kalau game original itu mahal, atau mungkin sudah ada yang tahu game original yang murah tapi kesulitan untuk membeli karena ribet cara bayarnya, yang harus buka rekening bank lah, harus punya credit card lah, atau harus punya akun paypal. Itu dulu, sekarang banyak sekali cara untuk membeli game secara online tanpa harus takut kena penipuan, akan saya tulis di postingan selanjutnya

Posting kali ini sebagai pembuka mata para pembaca bahwa tindakan pembajakan itu merugikan, baik dari sisi pembajak, penikmat, maupun yang dibajak. Ikuti terus postingan-postingan saya berikutnya.

Salam Gamer, Mantap!


8 comments:

  1. well good article :)

    ReplyDelete
  2. mantaap ciin, terus menulis bro

    ReplyDelete
  3. jadi kalu kita sudah memainkan game bajakn pada xbox 360 lalu kita main game original agar dapat main online , apa yang harus kita lakukan pada xbox 360 kita ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmmm, saya tidak punya cukup pengetahuan untuk menjawab permasalahan mengenai xbox360, mungkin teman-teman saya di Komunitas Gamer Indonesia bisa menjawab hal ini:

      https://www.facebook.com/groups/komunitatgamerindonesia/

      mudah-mudahan pertanyaan anda bisa terjawab

      Delete
  4. Gimana cara main game dari cd berisi game copian di xbox 360?

    ReplyDelete