Isi Blog

Thursday, March 31, 2016

Play Time!: Crashlands, RPG Seru dengan Sistem Crafting

Setelah sekian lama saya tidak menemukan game yang membuat saya betah memainkannya berlama-lama, sebuah karya epic dari Butterscotch Shenanigans berjudul Crashland mampu memberikan keseruan yang saya idam-idamkan dari game ber-genre action RPG. 
Crashland dapat dimainkan lewat smartphone berbasis Android dan iOS serta PC lewat Steam. Setelah membandingkan harga game ini di Playstore dan Steam, saya memutuskan untuk membeli versi Android game ini (harga versi Android Rp. 70.000 sedangkan versi Steam Rp. 116.000). Game ini mempunyai fitur cloud save dan kamu bisa memindahkan data permainanmu secara bebas dari smartphone ke PC dan sebaliknya, serta cerita yang kamu dapatkan untuk ketiga versi game adalah sama persis, jadi saran saya pilihlah yang termurah. 

Mengusung genre RPG, Crashlands disajikan dengan cerita yang ringan. Kamu akan berperan sebagai seorang kurir pengantar barang antar galaksi yang pesawatnya diserang oleh alien berkepala besar dan terpaksa mendarat darurat di sebuah planet antah berantah. Kamu diharuskan untuk mengumpulkan kembali komponen pesawatmu sembari bertahan hidup dan menolong penduduk setempat. Untuk bertahan hidup kamu diberikan kemampuan untuk membuat tempat tinggal serta berbagai perlengkapan perang dari sisa-sisa monster yang kamu kalahkan. Crashlands mempunyai fitur crafting yang cukup seru. Brang-barang yang bisa kamu buat sangat beragam, mulai dari alas rumah sampai senjata. Dalam game ini kalian tidak akan menemukan pengaturan inventaris yang merepotkan. Sering kali pada game sejenis, kita terpaksa harus membuang barang-barang untuk memberikan tempat pada barang byang baru kita dapatkan. Crashlands menyediakan kantong tidak terbatas yang dapat kita isi sebanyak mungkin.

Kontrol Crashlands versi Android dapat dilakukan dengan langsung menekan layar smartphone. Sistem kontrol seperti ini menurut saya lebih mudah digunakan daripada game Butterscotch Shenanigans lain berjudul Quadropus yang mengusung sistem kontrol tombol tembus pandang di layar smartphone. Dengan langsung menekan layar untuk melakukan serangan atau bergerak, manuver serangan menjadi lebih dinamis. 

Grafik dan musik game ini ikut memberikan suasana ceria dalam game ini. Dunia yang kamu jelajahi mempunyai warna latar yang cerah. Desain karakternya juga unik dan lucu, terkadang saya tidak tega untuk membunuh mereka, tetapi karena mereka yang mencari gara-gara dengan menyerang terlebih dahulu ya apa boleh buat. 

Kesimpulannya, bila kamu menyukai tipe-tipe game seperti ini, di mana kamu bisa melakukan crafting sesuka hati sambil menyelesaikan quest ala RPG, Crashlands sangat cocok untukmu. Sekian ulasan saya mengenai Crashland, akhir kata, cobalah sendiri keseruan game ini dan tetap dukung pengembang game favorit kamu dengan membeli versi resminya.     

Tautan halaman Crashlands
Versi Android
Versi Steam
Versi iOS

No comments:

Post a Comment