Isi Blog

Monday, September 14, 2015

Munch Time!: Beong Pedas Penggugah Selera

Ikan Beong (Mystus nemurus) merupakan ikan air tawar sejenis lele yang endemis di sungai Progo. Ikan ini merupakan salah satu bintang kuliner di kota Magelang. Karena hal itu, jika anda sempat mengunjungi kota Magelang, salah satu kegiatan yang harus masuk ke to do list anda adalah menikmati hidangan ikan Beong. Tekstur ikan ini mirip-mirip lele dengan ukuran yang lebih besar. Salah satu olahan ikan Beong yang saya suka adalah mangut Beong ala Rumah Makan Selera Pedas. Bila anda suka ikan sejenis lele dan rasa pedas, anda harus terus membaca artikel ini



The Restaurant
Rumah makan Selera Pedas berada di dekat kawasan Candi Borobudur, ambil jalan ke arah Salaman. Rumah makan ini belum lama pindah. Tempat aslinya ada di pinggir jalan Diponegoro km 3 Kembanglimus Borobudur. Tempat barunya tidak jauh dari situ. Hint yang dapat dipakai adalah bangunan lama RM Selera Pedas. Tepat di depan bangunan lama RM Selera Pedas terdapat gang, masuk saja ke gang tersebut, anda akan menemukan sebuah rumah makan yang lumayan besar di kiri jalan, voila, anda sudah sampai. Rumah makan ini lumayan terbuka, sehingga saat kami (saya dan beberapa teman) makan disini ada 1-2 lalat yang mengganggu acara makan kami. Anda dapat memilih akan makan sambil duduk di kursi atau lesehan, up to you.
Tercium nggak aroma sedapnya?

Rumah makan ini buka dari pagi sampai sore, hanya saja saya menyarankan anda untuk datang sebelum jam makan siang. Pada jam tersebut berbagai ukuran ikan masih tersedia, sayurnya masih ada, dan anda tidak perlu berebut dengan pelanggan lain yang kelaparan. Jika anda sampai kesana kira-kira jam 2 siang kemungkinan anda hanya mendapat sisa.
Para pelanggan kelaparan

The Food
Olahan Beong yang disajikan disini bertema mangut. Mangut tentu saja pedas, seperti nama rumah makan ini "Selera Pedas". Tapi untuk anda calon pengunjung yang mulai ragu karena tidak suka pedas, RM Selera Pedas menyediakan olahan Beong yang berbumbu tidak pedas, dan tentu saja masih enak. Tetap saja, yang jadi primadona rumah makan ini adalah mangut Beongnya yang pedas. Rasa pedas yang ditampilkan tidak tanggung-tanggung, hidangan ini sukses membuat saya berkeringat saking pedasnya. Rasanya yang nikmat membuat saya tidak mempedulikan 1-2 lalat yang bersliweran mengincar makanan saya. Hidangan ini akan membuat perut dan lidah anda menjadi panas, tetapi setelah semua itu berakhir, anda akan berencana mengunjungi rumah makan ini di lain waktu, Kapok Lombok! (jera tetapi hanya sementara).   
Beong sedap siap disantap
Olahan Beong yang ada disini biasanya disajkan dengan sayur trancam yang dapat anda ambil sebanyak yang anda suka, gratis! Tapi dengan catatan bahwa sayurnya masih ada, itulah mengapa datang kesini sebelum jam makan siang sangat penting. Untuk minuman tidak ada yang istimewa, teh, jeruk, air putih, just as simple as that.

The Price
Harga dari satu porsi mangut Beong ukuran single dengan sepiring nasi hangat sangat terjangkau, kurang dari Rp. 20.000 (maaf, saya tidak ingat harga pastinya karena buat saya uang tidak penting! Hahaha). Hanya dengan uang segitu anda dapat menikmati sensasi hidangan Beong yang lembut, lezat, dan pedas luar biasa!

Sekian yang dapat saya sampaikan mengenai pengalaman saya makan disini, mudah-mudahan artikel ini dapat menjadi panduan anda untuk wisata kuliner di daerah magelang dan sekitarnya, sampai jumpa di artikel selanjutnya, dadah bye bye :D

The Verdict
+Rasa pedasnya menggoyang lidah
+Tekstur Beong lembut
+Harga termasuk murah

-Ada lalat pengganggu
-lokasi agak sulit ditemukan
  
But definitely will go there again!

No comments:

Post a Comment