Isi Blog

Friday, September 4, 2015

Chat Chit Chut: memindahkan kontak dari HP Lama ke HP Baru Anda

Salah satu hal yang bikin pusing saat kita mempunyai HP baru adalah memindahkan kontak dari HP lama. Sebetulnya sudah banyak tutorial mengenai cara memindahkan kontak di internet, tetapi dua pencarian teratas saya lewat google tidak membuahkan hasil. Isi artikelnya pun sama, kelihatan banget mereka cuma copy paste sambil edit-edit dikit. Akhirnya saya memutuskan untuk bereksperimen sedikit dan Alhamdulillah berhasil. Pemindahan kontak ini saya lakukan dari HP Andromax U2.



Cara Konvensional
Cara yang saya dapat dari internet untuk memindahkan kontak adalah:
1. membuka phonebook
2. Buka tombol menu
3. Pilih eksport kontak
4. Kirim kontak yang sudah ter-eksport ke HP baru

yang saya dapat dari internet

HP saya
Simpel sebenarnya, yang jadi masalah adalah opsi eksport/import kontak pada menu kontak di HP Andromax U2 tidak ada sehingga cara ini tidak dapat dilakukan. Saya kemudian bereksperimen dengan aplikasi yang bisa didownload di Playstore.

Dengan Aplikasi
Aplikasi yang dapat digunakan untuk mem-backup data kontak mungkin ada banyak. Saya hanya menggunakan satu yang kebetulan muncul saat saya searching di Playstore. Aplikasi yang saya gunakan adalah Super Backup: SMS and Contacts. Walaupun judulnya hanya menyertakan SMS dan kontak, tetapi aplikasi ini dapat juga mem-backup aplikasi anda.

Cara menggunakannya pun cukup mudah, anda cukup menekan pilihan Contacts Backup. Kontak anda akan langsung terbackup pada folder yang telah disediakan. Tempat file yang sudah terbackup juga dapat disesuaikan, bisa di memori internal atau memori eksternal. Saya memilih untuk menempatkan file backup saya di memori eksternal atau SD card.



Selanjutnya anda hanya perlu untuk memindahkan file kontak ke HP baru lewat bluetooth atau sarana yang lain. Aplikasi ini juga mempunyai opsi untuk mengunggah file backup anda ke penyimpanan online atau cloud. penyimpanan online yang dipilih adalah google drive.


Sekian tips dari saya, mudah-mudahan informasi ini dapat berguna dan membantu para pembaca. Sampai jumpa di artikel yang lainnya :D

No comments:

Post a Comment