Isi Blog

Saturday, May 10, 2014

Play Time!: Football Manager, Give My Life Back!!!!

Beberapa kawan gamer PC mungkin sudah tahu maksud saya dengan membaca judul di atas, bagi beberapa orang membeli Football Manager mungkin adalah cara bunuh diri yang menarik dan mengasyikkan. Beberapa dari anda mungkin akan betah duduk berlama-lama di depan laptop memandangi grafik dan angka-angka di game ini sampai anda lupa makan dan minum, ingatlah bahwa duduk diam 8 sampai 11 jam sehari meingkatkan risiko kematian sampai 15%. Beberapa dari anda mungkin akan membentur-benturkan kepala anda ketika tim yang anda latih mengalami rentetan kekalahan. Beberapa dari anda mungkin malah tidak tidur selama beberapa hari hanya untuk memainkan game jahanam ini.
Hasil kerja 2 minggu :D

Jujur saja, dari dulu saya SMP, game ini adalah game yang selalu masuk "daftar 10 game paling menarik" saya setiap tahunnya. FM, sekarang sudah menginjak FM2014, selalu memberikan pengalaman berbeda di setiap pertandingan yang kita mainkan, dan inilah kekuatan utama dari game ini. Dari tahun ke tahun FM tidak pernah gagal memberikan hiburan yang menarik bagi saya, karena dari itu, setelah bertahun-tahun membajak game ini, saya putuskan untuk menabung uang kerja part time saya selama 2 minggu untuk membeli game jahanam ini.

FM 2014 mempunyai beberapa fitur baru, antara lain:
  1. Dalam seri-seri sebelumnya, kita memakai slider dan anak panah untuk mengatur pergerakan pemain atau tugas para pemain, nah sekarang kita tinggal memilih poin-poin instruksi yang tersedia untuk para pemain tersebut. Menurut saya ini memudahkan kita untuk menentukan tugas pemain di lapangan, karena instruksi tersebut juga lengkap dengan penjelasannya.





  2. Pilihan komentar dalam interaksi dengan pers, jajaran direksi klub, dan pemain menjadi lebih beragam. Hal ini semakin menambah greget kita dalam bermain, selain pilihan komentar yang semakin banyak, pilihan intonasi manager saat berkomentar juga masih dipertahankan.








  3. Kemudahan dalam menentukan menu latihan. Sekarang kita tidak perlu bingung mengatur slider dalam setiap menu latihan yang kita buat, kita hanya tinggal menentukan fokus latihan tim dan individu, kemudian tentukan intensitasnya, beres deh.







  4. Sistem transfer dan kontrak yang lebih realistik. Semakin banyak klausul kontrak dan transfer yang tersedia, bahkan sekarang tersedia klausul untuk meminjamkan pemain yang telah dibeli ke klub asal pemain, benar-benar menambah opsi dalam mengatur pemain dalam sebuah klub.



Dalam game ini, saya menggunakan tim Chelsea. Dengan kucuran dana melimpah Roman Abramovich, saya bisa mencari pemain-pemain yang pas dalam strategi saya. Baru 2 minggu saya bermain ternyata waktu semusim telah lewat dengan hasil Chelsea berhasil menjadi juara liga Inggris+pencetak gol terbanyak. Hal ini didukung cemerlangnya Fernando Torres, Antoine Griezman, dan Eden Hazard dalam musim pertama saya. Masalah saya dalam musim ini adalah kacrutnya stok bek sayap Chelsea, Ashley Cole sudah terlalu uzur untuk meladeni ketangkasan para gelandang sayap Premier League, Branislav Ivanovic juga sering bermain angin-anginan. Untunglah bek muda Chelsea, Cezar Azpilicueta bermain bagus dalam semusim. Untuk gelandang tengah, kombinasi Oscar-Lampar-Mikel menjadi pilihan utama, pelapisnya pun, van Ginkel dan Ramires tidak kalah garang.

Musim ini saya membuat tiga macam strategi. Strategi pertama bertujuan untuk menguasai pertandingan dengan kombinasi passing-passing pendek, strategi kedua untuk menyerang lawan dengan segala cara untuk mencetak gol, dan yang ketiga untuk memenuhi kotak penalti sendiri dengan sebanyak-banyaknya pemain. Walaupun masih banyak kekurangannya (yang paling nyata adalah kekalahan atas Bayern Muenchen 4-0), tetapi cukup berhasil mempersembahkan gelar pertama, hehehe.





Jika teman-teman berencana untuk membeli FM 2014, saya sarankan untuk membeli versi retailnya, selain harganya lebih murah (saya beli dengan harga Rp. 480 rb, di Steam dihargai $ 49.99 atau Rp. 576.384) kalian juga bisa mendapatkan voucher diskon 75% untuk membeli FM 2014 di Steam, sehingga kalian bisa membeli game yang sama dengan harga  $ 12.4975 atau Rp. 144.096. Saya masih punya lho kupon ini di inventory Steam saya, cukup dengan menjawab kuis saya di posting sebelumnya dan kalian bisa mendapatkannya, saya heran kenapa belum ada yang mengumpulkan jawaban di email saya.

Sekian review dari saya, semoga artikel ini bermanfaat untuk teman-teman semua :D  

Bila ada yang tertarik mempraktekkan taktik yang saya pakai, kalian bisa download di sini

No comments:

Post a Comment