Isi Blog

Wednesday, May 7, 2014

Munch Time!: Tahu Pong Karangsaru


Saya sudah membuat beberapa review tentang tempat makan yang ada di Semarang, tetapi dari semua review yang saya buat tidak satupun yang merupakan makanan otentik Semarang. Kali ini saya akan membuat salah satu review mengenai jajanan yang Semarang banget, bukan lumpia, tapi tahu pong. Semarang merupakan salah satu kota penghasil tahu dengan kualitas terbaik, jadi jangan ragu jika menyantap jajanan berbahan dasar tahu di kota ini. Tahu pong Karangsaru merupakan salah satu tahu pong yang namanya melegenda di Semarang. Penggemar tahu pong Semarang pasti sudah tahu dengan nama ini, kita yang muda-muda juga harus tahu tentang jajanan otentik Semarang ini, agar namanya tidak lekang dimakan jaman.

Kopyok bersama saus

Tahu Pong Karangsaru bertempat di ruko pringgading. Jalur paling gampang untuk mencapai tempat makan ini adalah lewat jl. Gajahmada, jika dari arah simpang lima, belok kanan setelah restoran Viavo, terus sampai pertigaan Toasty Eatery, nah setelah itu ambil jalan ke kanan, ambil belokan pertama ke kiri dan terus sampai anda menemukan baliho bertuliskan Tahu Pong Karangsaru di kanan jalan. Jika anda bingung, tanyalah pada orang-orang di dekat situ, mereka pasti tahu tentang tahu pong Karangsaru. Jika anda memutuskan untuk makan di sini, saya sarankan untuk membawa satu mobil untuk satu rombongan, parkir di kawasan tempat makan agak sempit. Tempat makannya nyaman kok, tapi agak minim fasilitas, teman-teman tidak akan menemukan musholla ataupun wifi di sini.

Tahu pong adalah tahu yang kopong di tengahnya, tekstur tahunya sendiri lembut. Bila digoreng, tahu ini akan
Menu lengkap
renyah di luar, lembut di dalam. Tahu pong sendiri merupakan makanan bercita rasa oriental, sehingga bisa dikatakan bahwa menu tahu pong adalah hasil dari asimilasi budaya dari suku bangsa yang ada di Semarang. Selain tekstur tahunya yang lembut, kekuatan utama dari Tahu Pong Karangsaru adalah sausnya, manis gurih dan pedas, hmmm, bener-bener rame di lidah. Jika anda makan sendiri di sini, maka harga makanannya akan terlihat agak mahal. Untuk satu porsi tahu pong yang dibalur dengan telur ayam dan digoreng garing, atau disebut juga dengan kopyok, dihargai Rp. 20.000, tetapi sebetulnya makanan di sini disajikan dengan porsi besar dan terlalu banyak bila hanya dimakan oleh satu orang, paling nggak ajaklah satu orang teman anda untuk makan di sini, pesan satu porsi lengkap atau kopyok dan santaplah berdua sambil ngobrol tentang kegiatan anda masing-masing, kemudian bagi dua ongkos makanannya, anda berdua kenyang dan biaya yang anda keluarkan tidak terlalu besar, hmm, syahdu sekali :D. Satu porsi lengkap tahu pong berharga Rp. 26.000 berisi tahu pong, gimbal (gorengan berisi udang), telur ayam, dan tahu biasa (atau disebut plek). 

Tahu Pong Karangsaru buka dari jam 11 siang sampai jam setengah 10 malam, dan tutup pada hari Selasa. Nah, tugas saya sudah selesai dengan memperkenalkan jajanan otentik Semarang kepada anda, sekarang giliran anda untuk membuktikan apakah benar rasa tahu pong ini benar-benar lezat. Sekian review dari saya, semoga informasi dapat menjadi pertimbangan teman-teman semua dalam berwisata kuliner di Semarang. Sampai jumpa di artikel saya yang lain, terima kasih sudah mampir :D

Always Eat Responsibly Friends :D
Peta ke Tahu Pong Karangsaru 

2 comments:

  1. mas shila, kasih google mapsnya dong, sudah lama ga ke semarang :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah saya sertakan :D
      Terima kasih udah mampir

      Delete