Isi Blog

Sunday, May 18, 2014

Play Time!: Metroidvania

Metroidvania everybody! Yeah!
Halo sejawat gamer! Saatnya kita menambah pengetahuan tentang dunia game. Kali ini saya akan membahas mengenai salah satu genre yang paling populer yaitu "metroidvania", tahukah kalian mengenai genre ini? Kalau belum, mari kita bahas bersama :D

Metroidvania, atau juga disebut sebagai castleroid, adalah genre game 2D yang menggabungkan elemen-elemen platformer dengan elemen-elemen action adventure, beberapa game terkadang menggabungkan elemen RPG di dalamnya. Platformer sendiri adalah sebuah genre yang menitikberatkan pada usaha untuk menuntun karakter yang kita mainkan melewati rintangan-rintangan dalam game dengan memakai manuver tertentu seperti lari, double jump, atau sliding (contoh gamenya adalah Bit.Trip Runner). Kenapa dikatakan metroidvania? Karena yang membuat genre ini sangat terkenal, sekaligus sebagai salah satu pelopor genre ini adalah game nintendo tahun 1986 berjudul "Metroid". Game tentang seorang pemburu hadiah lintas bintang bernama Samus. Dalam Metroid, selain kita harus menuntun Samus jungkir balik sambil lompat-lompat, kita harus mencari power up berisi kemampuan tertentu karena beberapa bagian dalam game tidak dapat dimasuki sebelum kita memiliki kemampuan-kemampuan itu, jadi setelah kita mengeskplorasi 1 bagian dalam game, kita harus balik lagi ke bagian sebelumnya untuk membuka pintu yang sebelumnya tidak bisa kita lewati. Formula game ini dipakai oleh Castlevania sambil memasukkan elemen RPG kedalamnya, dan BOOOM, sukses besar. Akhirnya genre ini dipakai oleh banyak game. Untuk menghormati kedua game tersebut dan menghemat kata-kata, lahirlah genre "metroidvania", mungkin inilah asal-usul diciptakannya kata-kata metroidvania:

  • Reporter: Finally your new game have finished and ready to smash the world! What is the genre of your game
  • Developer: Yeah thank you, I use a very unique formula for my latest game, it's called "platformer-action adventure-RPG"
  • Reporter: Errr, wow, what a long genre, can you describe it to us?
  • Developer: Do you know Metroid and Castlevania series? My game is like that
  • Reporter:  Hoho, so it's called metroidvania!
  • Developer: Yeah, that name sound good! Metroidvania!
Jangan dipercaya, ini hanya lelucon.

Genre ini mempunyai banyak penggemar lho, terbukti masih banyak game yang mengusung genre ini. Game-game asik yang memakai genre ini antara lain:

1. Guacamelee
Guacamelee merupakan game metroidvania ala Meksiko, protagonisnya adalah seorang pegulat Meksiko yang ingin menyelamatkan pacarnya yang akan dikorbankan oleh sang antagonis, Carlos Calaca, supaya dia bisa menguasai alam baka dan alam fana. Kombinasi antara genre metroidvania, joke-joke segar, dan kombo ala pegulat Meksiko benar-benar membuat game ini menarik. Guacamelee awalnya dibuat untuk PS 3, setelah sukses di PS 3, game ini akhirnya diport ke sistem lain seperti PS Vita, PC, PS 4, Xbox 360, dan Xbox One.



2. Cave Story 
Cave Story merupakan game terjemahan dari Doukutsu Monogatari. Game ini rilis tahun 2004, tapi bukan berarti tidak asik lagi untuk dimainkan saat ini. Game ini bercerita tentang petualangan bocah amnesia di dunia yang ditinggali oleh Mimiga, binatang hasil hubungan gelap antara kelinci dan anjing. Game ini dapat dimainkan di PC dan PSP, dan asiknya lagi, game ini gratis.

3. Terraria
Saya sudah menabung untuk beli game ini dan akhirnya terlaksana, keren banget man! Game ini menurut saya adalah Minecraft yang dibuat dalam versi 2D. Selain bisa crafting dan membuat tempat tinggal, kita bisa melawan monster-monster yang berkeliaran di dunia Terraria. Asiknya lagi, game ini bisa dimainkan online, jadi kita tidak perlu bersusah payah sendirian melawan monster. Game ini dapat dimainkan di PC.

4. Ikachan
Salah satu game metroidvania yang gratis. Game ini bercerita tentang petualangan seekor gurita betina, saya tidak bisa bicara banyak karena game ini belum saya tamatkan. Grafiknya bagus dan karakternya lucu, cocok untuk gamer girls. Jangan tertipu dengan grafiknya yang lucu ya, soalnya tingkat kesulitannya lumayan.

5. I Wanna be The Guy
Game ini hanya untuk gamer yang benar-benar sabar dan pantang menyerah, tingkat kesulitan game ini sungguh tidak rasional, bayangkan, saat memilih level saja kita sudah bisa mati. Kalian akan disiksa dengan segala cara sampai kapok memainkannya. Game ini dapat kalian mainkan di PC secara gratis. Jika kalian nggak sabaran, jangan memainkannya karena kalian bisa melukai diri sendiri dan orang lain, ingat saya sudah memperingatkan kalian.

Sekian artikel dari saya kali ini, semoga artikel ini dapat menambah informasi teman-teman semua tentang dunia game. Sampai jumpa di artikel saya berikutnya :D


  

No comments:

Post a Comment