Isi Blog

Sunday, April 20, 2014

Play Time!: Gamer, Level Up Your Life!

Beberapa hari ini saya sering mengunjungi berbagai blog keren yang tersebar di internet, sebagai contoh adalah abuget.com dan nerdfitness. Blog-blog tersebut keren-keren lho, bisa jadi bahan bacaan kalian di kala senggang. Bagi para gamer saya sarankan untuk membaca abuget.com untuk melihat-lihat review game dengan gaya bahasa super lucu, dan nerdfitness untuk tips-tips mengenai olahraga sederhana yang bisa kalian lakukan. Saya sendiri sangat terkesan dengan blog nerdfitness, mereka tidak hanya menawarkan metode olahraga, tetapi juga gaya hidup, sebagai gamer! Ya, sebagai gamer. Sekarang saatnya bertanya kepada diri kalian masing-masing, apakah orang-orang di sekeliling kalian tiba-tiba memincingkan mata dan mengerutkan dahi jika mendengar bahwa kalian adalah gamer? Apakah kalian termasuk sebagai underachiever di komunitas kalian, entah itu sekolah atau lingkungan kerja? Jika iya, maka sudah saatnya kita level up bersama-sama.

I Choose to level up, what about you?
Sebenarnya apa sih yang membuat game itu menarik? Pada dasarnya sebuah game menarik karena kita dapat mengikuti perkembangan karakter yang kita mainkan. Dari situ pendiri nerdfitness, Steve Kamb menawarkan metode yang unik, yaitu dengan membuat jadwal apa saja yang akan kita lakukan selama 6 minggu untuk quest kita, kemudian mengelompokkannya, apakah kegiatan tersebut dapat meningkatkan STR (strength), INT (intelligence), AGL (agility), WSD (wisdom).Kegiatan-kegiatan itu diberi nilai, nah, kemajuan kita tiap hari dicatat. Kalau susah ngebayanginnya, misalnya begini:

Minggu pertama:

Quest: Belajar tiap hari minimal sejam:
6 hari penuh (INT + 6)
4-5 hari (INT + 4)
2-3 hari (INT + 2)
0-1 GAGAL
Bonus: lebih dari sejam tiap kesempatannya + 0, 2

Quest: Push up tiap hari minimal 30x:
7 hari penuh (STR + 7)
5-6 hari (STR + 5)
3-4 hari (STR + 3)
1-2 hari (STR + 1)
0 GAGAL

Quest: Sholat tiap hari 5 waktu:
7 hari penuh (WSD + 3) (soalnya wajib sih, hehehe)
0-6 GAGAL
Bonus: Sholat Tahajud WSD + 1 tiap kesempatannya

dan seterusnya.

Quest-quest tersebut terus dievaluasi setiap akhir minggunya untuk menilai sampai dimana kemajuan kita setiap hari. Dengan cara tersebut, kemajuan kita akan semakin nyata, karena kita punya catatan nyata mengenai kemajuan tersebut. Quest-quest tersebut akan lebih bagus bila di "up date" setiap minggu dengan tingkat kesulitan yang semakin bertambah. Cara ini dapat meningkatkan kepatuhan kita terhadap jadwal. Asik bukan?

Sudah saatnya kita para gamer menghilangkan stigma buruk bahwa gamer merupakan kumpulan underachiever tidak berguna, marilah kita bersama-sama membuktikan bahwa orang-orang telah salah menilai kita, tentunya dengan kemajuan-kemajuan serta prestasi yang kita buat setiap harinya. Jangan sampai game menghancurkan hidup kita, game hendaknya diperlakukan sebagai hobi, hobi itu dilakukan bila ada waktu luang, bukan kegiatan utama kita dikorbankan untuk ngegame. Sekian Info dari saya, semoga bermanfaat buat kita semua :D

Keep Playing While Living Your Life!   

No comments:

Post a Comment